Senin, 21 Januari 2013

Apakah Aman Sarapan Buah Di Pagi Hari



     Sarapan memang penting untuk menunjang kegiatan dipagi hari. Setiap orang memiliki menu yang bermacam-macam ketika sarapan. Salah satunya buah-buahan. Buah memang memiliki vitamin dan butrisi yang penting bagi tubuh. Tapi apakah buah baik sebagai sarapan. Mungkin artikel dibawah ini bisa menambah pengetahuan anda.
     Kebanyakan orang hanya mengonsumsi buah untuk menggantikan sarapan karena terbatasnya waktu. Buah-buahan segar dianggap bernutrisi dan sehat untuk dikonsumsi sebagai pengganti sarapan.
     Namun pemikiran tersebut tidak tepat. Eileen Canday, ahli diet dari Breach Candy Hospital menjelaskan bahwa vitamin dan mineral yang ada dalam buah-buahan tak cukup memberi energi untuk beraktivitas dalam sehari.
     "Sebaliknya mengonsumsi sarapan yang lengkap memberi asupan vitamin C, kalsium, serat, dan protein. Nutrisi ini cukup memberi tenaga untuk beraktivitas," jelas Canday, seperti dilansir oleh Times of India (16/01).
     Sarapan lengkap akan memberikan nutrisi yang cukup untuk beraktivitas seharian, dan mencegah Anda merasa lapar. Potongan buah-buahan tak akan cukup untuk bertahan hingga makan siang.
     Mengonsumsi buah saat sarapan dibolehkan asal diikuti dengan makanan lain yang kaya nutrisi, seperti oatmeal, atau makanan lain yang mengandung serat dan protein. Dengan mencampurkan sarapan lengkap dengan buah-buahan, Anda akan mendapatkan sarapan yang lebih bernutrisi.
     Selain itu, sarapan adalah salah satu waktu makan yang penting. Anda perlu banyak protein untuk dikonsumsi agar menghasilkan banyak energi, sekaligus menghindari tumpukan lemak. Protein yang dikonsumsi pada pagi hari akan segera dibakar, sehingga tak menumpuk. Hal ini berbeda dengan makan di siang dan sore hari, ketika tubuh tak lagi membakar protein secara aktif.
      Protein akan membuat Anda lebih lama kenyang, sehingga Anda tak akan banyak ngemil atau merasa lapar sebelum jam makan siang. Jadi, jangan jadikan buah sebagai pengganti sarapan.
     Buah bisa Anda gunakan sebagai cemilan saat siang hari atau sebagai tambahan nutrisi bagi sarapan Anda. Buah yang kaya vitamin akan membuat Anda tetap bugar, sekaligus membantu menjaga berat badan.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar