Senin, 17 Maret 2014

kontrol Rasa Iri Mu dan Raih Manfaatnya


     Apakah punya teman yang suka menilai negatif kelebihan orang lain, atau anda sendiri memiliki sikap seperti itu. Kalau benar demikian mungkin anda ataupun teman anda terkena salah satu penyakit yang membuat hidup gelisah dan tidur tak nyenyak. Penyakit inilah yang diberi nama Iri Hati ataupun dengki. Orang yang Iri hati biasanya sangat tidak suka melihat orang lain mendapatkan sesuatu yang lebih dari mereka. 

     Dalam lingkungan sehari-hari saya pun sering menjumpai tipe-tipe orang seperti ini, bahkan didalam keluarga saya sendiri pun kadang saya menemukan banyak sikap-sikap iri hati bergentayangan. Bahkan saya sendiri pun terkadang suka iri hati. Hal yang tidak bisa di pungkiri adalah bahwa kita seringkali membandingkan diri kita dengan orang lain. Ketika kita melihat orang lain mendapat sesuatu yang lebih terkadang kita berharap seandainya kita lah yang mendapatkannya.

     Kalau ingin mengambil contoh, pasti banyak sekali ya. Contohnya ketika kita melihat seorang pedagang yang sering menjelek-jelekkan pedagang saingannya karena saingannya memiliki jumlah pelanggan yang lebih banyak. Bahkan terkadang cerita pun dikarang demi menjatuhkan saingannya itu. Sikap ini jelaslah Iri hati yang berbahaya, karena sikap irinya dia mulai melakukan tindakan kriminal yang merugikan saingannya. Tentunya sikap iri ini sangatlah merugikan dirinya dan merugikan orang lain.

     Sikap Iri hati yang memiliki dampak negatif ini memanglah harus kita hindarkan dalam prilaku kita. Jangan hanya karena kita iri melihat kesuksesan seseorang terus kita berniat menjatuhkannya dengan tindakan-tindakan yang tidak terpuji. Selain mengakibatkan dampak negatif bagi orang lain, Iri hati juga memberikan dampak negatif bagi diri kita sendiri. Perasaan tak terima dengan apa yang dimiliki oleh orang lain tentu akan mengganggu pikiran dan fokus kita, bahkan tidak sedikit yang mengalami susah tidur ataupun bermasalah dalam keluarga hanya karena suka memikirkan dan membandingkan dengan apa yang orang lain punya.

     Memang sikap yang paling baik adalah memiliki sikap bersyukur. Bersyukur menyadarkan kita bahwa kita dapat bahagia dengan apa yang sudah kita miliki, tanpa harus membandingkan keadaan kita dengan keadaan orang lain. walaupun kita juga harus tetap berusaha untuk mendapatkan lagi yang lebih baik, tetapi rasa syukur memberikan rasa nyaman dengan apa yang sudah kita miliki. Dengan rasa syukur kita juga dapat mengoptimalkan manfaat dari apa yang sudah kita punya.

     Tetapi apakah salah memiliki sikap Iri hati? Menurut saya pribadi sikap iri bukanlah sikap yang harus dibuang dari dalam diri kita tetapi harus kita kontrol agar tidak menimbulkan efek negatif. kalau iri yang menimbulkan efek positif kenapa tidak kita pelihara. Saya sendiri pun sering merasa iri jika melihat orang yang lebih sukses ataupun lebih pintar daripada saya. tetapi saya mencoba untuk mengubah rasa iri saya menjadi rasa ingin tahu dan semangat untuk lebih bekerja keras. Ketika melihat orang yang lebih sukses, saya akan mencoba mencari tahu kenapa dia bisa lebih sukses daripada saya. Pelajari, tiru, dan kembangkan dengan metode saya sendiri dan berharap suatu saat saya bisa lebih sukses daripada beliau.

     Jadi apakah iri hati merupakan sikap yang buruk atau tidak. Iri hati hanyalah sebuah perasaan yang dapat datang kapanpun tanpa dapat kita kontrol. Ketika kita memiliki rasa iri yang muncul, bukanlah menandakan kalau kita memiliki hati yang jelek. Yang perlu dilakukan adalah dengan mengontrol rasa iri itu dan mengubahnya menjadi sikap yang positif, sehingga dapat memberikan keuntungan kepada diri kita sendiri dan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar