Rabu, 17 April 2013

Tips Alami Atasi Osteoporosis



     Salah satu penyakit yang sering menghampiri di usia senja adalah osteoporosis. Karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang se dini mungkin. Mungkin ada banyak cara dalam mengatasi osteoporosis, seperti contoh dibawah ini mungkin bisa jadi pertimbangan bagi anda.
     Osteoporosis adalah kondisi yang menyebabkan tulang kehilangan kepadatan dan menjadi rapuh. Osteoporosis membuat tulang rentan patah dan menghalangi aktivitas fisik seseorang. Tulang yang rapuh akibat osteoporosis biasanya bisa menyebabkan rasa sakit kronis atau bahkan kematian.
     Osteoporosis yang lebih banyak menyerang orang yang sudah lanjut usia ini bisa dicegah menggunakan tiga cara alami, seperti dilansir oleh Inspiyr (11/04) berikut ini.
1. Cukupi kebutuhan vitamin D dan kalsium
     Kalsium penting untuk kekuatan tulang, sementara vitamin D membantu tubuh untuk menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsi. Berdasarkan jurnal National Institutes of health, orang dewasa seharusnya mengonsumsi 600 IU vitamin D dan 1.000 - 1.200 miligram kalsium setiap hari.
     Akan lebih baik jika Anda tidak mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D melainkan mendapatkannya dari makanan seperti ikan salmon, tuna, susu, atau makanan kaya kalsium seperti yogurt, jus jeruk, kacang almond, atau kacang kedelai.
2. Melakukan olahraga angkat beban
     Olahraga angkat beban membuat tulang beradaptasi dengan berat badan, sementara mengangkat beban juga bisa membantu otot membangun sel agar menjadi lebih padat. Latihan angkat beban bisa memperlambat proses pengeroposan tulang yang biasa terjadi secara alami saat seseorang menua.
     Selain angkat beban olahraga ringan lainnya juga bisa membantu menguatkan tulang, seperti berjalan, jogging, berlari, atau menari.
3. Dapatkan manfaat sinar matahari
     Langkah alami ketiga untuk mencegah osteoporosis adalah dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Melalui beberapa reaksi, kulit bisa menghasilkan vitamin D ketika terkena sinar matahari. Namun seberapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan manusia masih menjadi perdebatan di antara ahli, karena terlalu banyak sinar matahari juga bisa menyebabkan kanker kulit.
     Jika Anda tinggal di negara tropis, sebaiknya cari sinar matahari di jam-jam pagi di bawah jam sembilan. Sinar matahari pada jam itu biasanya masih cukup hangat dan tidak terlalu panas. Sebuah penelitian menemukan bahwa berada di bawah sinar matahari tiga sampai 15 menit sudah cukup untuk mereka yang berkulit terang. Sementara untuk yang berkulit gelap, bisa menghabiskan waktu 15 - 30 menit.
     Itulah beberapa cara alami yang mudah dilakukan untuk mencegah osteoporosis. Jika tak ingin tulang cepat keropos, lakukan beberapa langkah di atas. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar