Jumat, 01 Maret 2013

Peneliti Ungkap Cara Kera Membuka Kulit Kacang



     Kera merupakan salah satu hewan yang diakui kecerdasannya. Selain cerdas anatomi tubuh kera yang menyerupai manusia menjadi nilai lebih. Para peneliti pun senang dalam meneliti hewan yang satu ini karena keunikannya. Seperti yang satu ini, para peneliti mencoba mengungkap cara kera membuka kulit kacang.

     Peneliti dari University of Georgia mengamati perilaku kera. Peneliti mengungkap bagaimana kera menggunakan kecerdasannya untuk membuka kulit kacang dengan menggunakan alat.

     Dilansir Redorbit, Jumat (1/3/2013), melalui jurnal akses terbuka PLoS One, tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Dorothy Fragaszy dan koleganya dari University of Georgia menjelaskan perilaku pintar kera jenis capuchin. Hewan mamalia ini menggunakan alat didasarkan pada pemahaman informasi taktil (sentuhan) tertentu.

     Dengan menggunakan alat tersebut, maka kera bisa memecahkan kulit kacang untuk mengambil bagian dalamnya. "Manusia dapat menggunakan alat-alat tangan dengan lancar dan efektif dalam situasi yang berbeda-beda. (Sedangkan) beberapa spesies primata menggunakan alat palu untuk membuka makanan. Apakah mereka terampil?" ungkap Dorothy.

     Dengan melakukan pengamatan pada kera di sepanjang area timur laut Brazil, tim melihat kera ini bisa menempatkan kacang dalam posisi stabil pada sebuah permukaan yang tidak rata. Kemudian, ia menggunakan alat dari batu untuk membuka kacang tersebut.

     Selain itu, peneliti juga mengamati bagaimana kera dapat berusaha semaksimal mungkin untuk membuka kacang. Kera mampu memposisikan bagian sisi tertentu dari kulit kacang agar mudah dibuka, kemudian menyantapnya.

     Menurut laporan penelitian sebelumnya, tim biologi menemukan bahwa kera capuchin memilih batu sebagai alat atau palu unggulan melalui beratnya. "Capuchin tampaknya mendeteksi sifat yang relevan dari kacang mereka," tutur Dorothy.

     Ia menjelaskan, kera ini menempatkan kacang pada permukaan tertentu dengan cara mengetuk berulang kali kacang santapannya pada permukaan yang keras.

0 komentar:

Posting Komentar