Senin, 18 Februari 2013

Manfaat Jus Buah Bagi Tubuh



     Ayo siapa yang senang minum jus. Jus memang salah satu menu minuman yang selalu hadir dirumah makan ataupun restoran. Banyak pilihan rasa membuat jus lebih diminati. Selain rasanya yang beragam jus juga dianggap kaya vitamin. Mau tahu khasiat jus bagi tubuh, silahkan baca artikel dibawah ini ya.

     Buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Ingat, jus segar yang Anda buat sendiri di rumah lebih bergizi jika dibandingkan dengan kandungan nutrisi yang ditemukan dalam jus kemasan. Selain ditemukan bahan pengawet, rasa jus kemasan bahkan tidak sesegar jus buah yang baru dibuat. Namun, Anda tidak boleh menambahkan air atau gula pada jus buah Anda. Hal itu dapat menghilangkan manfaat gizi dari jus buah. Berikut adalah beberapa jenis jus buah dan manfaatnya bagi tubuh, seperti dilansir Boldsky.

1. Jus apel
     Jus apel kaya akan vitamin B dan C. Jus ini juga kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan potasium. Jus apel membantu menyembuhkan gejala rematik, serta menenangkan, menyejukkan dan membersihkan sistem pencernaan. Minuman sehat ini juga efektif untuk mengobati sembelit dan diare.

2. Jus aprikot 
     Jus aprikot mengandung banyak vitamin seperti B, C dan K. Vitamin yang ditemukan dalam buah ini juga dipercaya dapat memperlambat penuaan. Minuman sehat ini juga baik untuk memperkuat tulang dan memberikan vitalitas pada rambut dan skin. Jus aprikot sangat kaya akan zat besi dan baik untuk mengobati anemia dan masalah menopause.

3. Juice blackberry 
     Jus ini mengandung banyak vitamin C dan E, yang menjadi antioksidan yang efektif dalam memerangi radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh dan dikaitkan dengan kanker dan penyakit jantung. Minuman ini juga berkhasiat dalam mengendalikan diabetes, membersihkan darah dan sering digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan diare. Minuman ini juga membuat tulang kuat karena mengandung kalsium.

4. Jus anggur
     Anggur dikenal mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk kalsium, tembaga, yodium, fosfor besi, dan kalium. Jus anggur juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit lain seperti sembelit, penyakit jantung, retensi cairan, gout, arthritis, TBC, masalah hati, wasir, dan berbagai alergi.

5. Jus lemon 
     Jus lemon mengandung banyak vitamin B dan C. Minuman sehat ini dapat membersihkan pembuluh darah dan seluruh bagian internal tubuh. Lemon juga dapat menghilangkan racun dan baik untuk kulit. Oleh karenanya, jus sehat ini terkenal mencegah flu dan mengobati rematik.

6. Jus jeruk
     Jus jeruk dianggap sebagai minuman kekebalan tubuh. Jus jeruk mengandung vitamin B dan C, serta sejumlah mineral seperti magnesium fosfor, kalsium, dan kalium. Minuman ini juga merupakan pembersih yang baik untuk sistem internal tubuh dan menenangkan sistem saraf, sehingga efektif dalam mengobati kegelisahan, kecemasan dan insomnia.

     Inilah enam manfaat jus buah bagi kesehatan tubuh Anda. Ingat, jangan tambahkan air ataupun gula ke dalam jus Anda. Hal itu hanya akan mengurangi kandungan gizi dalam jus tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar