Kamis, 05 Juli 2012

Makanan tahun Baru ala Jepang



     Nuansa tahun baru memang sangat special diseluruh dunia, banyak acara dan kegiatan diadakan untuk menyambut tahun baru. Nuansa tahun baru biasanya tidak lepas dari kembang api dan kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman ditemani berbagai makanan khas tahun baru. Seperti di Tokyo, Jepang yang juga memiliki makanan khusus untuk menyambut tahun baru. Makanan khas jepang ini salah satunya  bernama Toshikoshi Soba.  Anda bisa mengatakan sayonara pada tahun lama dan menyambut Tahun Baru sambil menyantap makanan Toshikoshi Soba.

     Toshikoshi Soba menjadi makanan populer bagi warga Tokyo sepulang merayakan malam Tahun Baru di kuil. Dengan makan sejenis mi ini, warga yakin kehidupannya akan panjang dan sehat. Selain itu ada juga osechi, yang merupakan hidangan tradisional Tahun Baru yang disiapkan di rumah. Beberapa toko juga menyediakan makanan khusus pada periode liburan ini, dalam kotak yang dihias atau biasa disebut jubako.

    Pada osechi, setiap jenis makanannya memiliki arti khusus. Sebagai contoh, telur dadar gulung manis dicampur dengan pasta ikan atau udang tumbuk, melambangkan datemaki. Ini merupakan sebuah keinginan untuk mendapatkan banyak hari keberuntungan.

     Konbu yang merupakan sejenis rumput laut, melambangkan yorokobi berarti sukacita. Sedangkan ikan haring yang dibuat sushi melambangkan Kazunoko ("Kazu" berarti jumlah dan "ko" berarti anak), yaitu harapan agar diberkati dengan banyak anak di tahun mendatang. Ada juga Mochi, kue beras yang membutuhkan waktu lama untuk dikunyah, serta sup bernama ozoni.

Sumber: gayahidup.liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar