Jumat, 26 April 2013

Kenali Pemicu Batu Ginjal



     Batu ginjal yang ditemukan di dalam kandung kemih dapat menyebabkan nyeri di perut bagian bawah. Gejala lain yang dirasakan mereka yang menderita batu ginjal adalah mual, muntah, perut kembung, demam, menggigil dan darah dalam air kemih. Apakah Anda juga berisiko terkena batu ginjal? Berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal, seperti dilansir Mayo Clinic.

1. Keluarga atau riwayat pribadi
     Jika seseorang dalam keluarga Anda pernah terkena batu ginjal, Anda kemungkinan besar juga akan mengembangkan batu ginjal. Dan jika Anda sudah memiliki satu atau lebih batu ginjal, Anda berada pada peningkatan risiko penyakit lain.

2. Beranjak tua
     Batu ginjal umumnya menjangkiti orang dewasa di usia 40-an atau lebih. Meski demikian, penyakit batu ginjal juga dapat terjadi pada segala usia.

3. Pria
     Pria lebih mungkin terkena batu ginjal, meski tak menutup kemungkinan wanita juga mengembangkan penyakit yang sama. 

4. Dehidrasi
     Malas minum air setiap hari dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Orang yang tinggal di iklim yang hangat dan mereka yang sering berkeringat juga berada pada risiko lebih tinggi terkena batu ginjal. Apalagi jika tidak dibarengi kebiasaan minum 2 liter air setiap hari.

5. Makanan tertentu
     Makanan tinggi protein, natrium dan gula dapat meningkatkan risiko beberapa jenis batu ginjal. Terlalu banyak mengonsumsi natrium (garam) juga dapat meningkatkan jumlah kalsium yang harus disaring ginjal dan secara signifikan meningkatkan risiko batu ginjal.

6. Gendut
     Indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi, ukuran pinggang yang besar dan berat badan yang melebihi rata-rata dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal.

7. Penyakit pencernaan dan pembedahan
     Operasi bypass lambung, penyakit radang usus atau diare kronis dapat menyebabkan perubahan dalam proses pencernaan yang mempengaruhi penyerapan kalsium dan air, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar zat pembentuk batu dalam urine Anda.

8. Kondisi medis lainnya
     Penyakit dan kondisi yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal termasuk asidosis tubulus ginjal, cystinuria, hiperparatiroidisme, obat-obatan tertentu dan beberapa infeksi saluran kemih.

     Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Jadi, perbanyak minum air dan hindari makanan tertentu yang dapat memicu pembentukan batu ginjal.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar