Varian Motor Injeksi Indonesia memang sudah banyak beredar. Motor injeksi memang diklaim lebih irit
daripada motor konvensional yang menggunakan karburator. Tapi diantara
banyaknya motor injeksi ini,
kira-kira mana ya yang paling irit. Jika ingin lebih tahu lanjut, silahkan baca
artikelnya.
Ajang pemilihan Indonesia Motorcycle of
The Year (IMOTY) 2012 telah diumumkan beberapa waktu lalu. Sungguh diluar
dugaan, beberapa merek yang tak diyakinkan menang, justru meraih predikat
bergengsi tersebut.
Menurut panitia IMOTY
2012, uji coba yang dilakukan memang berbeda dari uji pabrik, karena waktu
pengujiannya terhitung singkat. Tapi hasilnya mencerminkan semua yang dimiliki
oleh sebuah motor. Salah satu prosesnya adalah menguji lewat pengendaraan
seperti saat motor digunakan.
Selain penilaian oleh
juri, panitia juga melakukan pengukuran yang bersifat obyektif, yaitu kemampuan
motor berakselerasi, kualitas pengereman, dan konsumsi bahan bakarnya.
Para juri IMOTY
ditugaskan untuk mengendarai setiap motor dengan jarak tempuh tertentu,
melewati berbagai medan, seperti jalan lurus, tanjakan, hingga simulasi stop
and go untuk merasakan kondisi saat berada di kemacetan lalu lintas. Selain
variasi medan, motor pun dikendarai
dalam berbagai kecepatan.
Kategori motor paling irit adalah salah satu yang diuji oleh para juri.
Untuk itu dilakukan uji konsumsi bensin. Tim ini sengaja dilatih dan dipisahkan
dengan uji orientasi agar pengukuran berjalan lebih baik.
Saat pengujian
konsumsi bensin, motor dikendarai
secara halus, tidak dilakukan manuver berat atau berakselerasi secara cepat.
Pengujian dengan kecepatan tertentu dengan gaya pengendaraan sama seperti
pengguna motor pada umumnya.
IMOTY dari yang
pertama hingga saat ini menggunakan penilaian yang sama, hanya caranya yang
terus disempurnakan. Penilaian per kategori mudah dilakukan karena semua
setara. Tapi bagaimana menyandingkan sebuah suktik dengan sebuah motor sport yang jelas-jelas bukan
padanannya?
Untuk itu dilakukan
penilaian berdasarkan patokan (benchmark) dari hasil uji motor sejenis sebelumnya. Misalnya konsumsi bensin skutik. Dari
puluhan skutik yang pernah diuji sebelumnya diperoleh angka rata-rata
40km/liter.
Dari hasil pengujian
ini, dihasilkan dua merek sepeda motor
yang sama-sama mengaplikasi mesin injeksi, yakni Yamaha Soul GT dan Honda Supra
X 125 Helm-In. Oleh IMOTY 2012, kedua merek sepeda motor tersebut dinobatkan sebagai The Best Fuel Consumption.
Soul GT adalah keluarga baru
motor matik, 125cc berteknologi Fuel Injection yang diproduksi Yamaha.
Sedangkan Honda Supra X 125 Helm-In, adalah motor cub yang sejak dulu dikenal
sebagai motor cub yang paling irit. Honda Supra X 125 Helm-In juga menggunakan
teknologi PGM-FI dari Honda.
DAFTAR AGEN TOUR DAN TRAVEL TERMURAH SEINDONESIA KLIK DISINI
PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar