Minggu, 05 Agustus 2012

Makanan Untuk Pendamping ASI


     Selain ASI ternyata bayi yang sudah berumur enam bulan juga memerlukan makanan lain sebagai pendamping ASI. Hal ini ditekankan oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO sejak tahun 2000 bahwa bayi berusia enam bulan harus diberi makan secara bertahap agar tercukupi kebutuhan gizinya, terutama untuk energi, protein, zat besi dan vitamin A. oleh karena itu pemberian makanan pendamping ASI ini wajib diberikan.

     Masa bayi 0-24 bulan disebut juga sebagai masa emas atau golden periode, dimana sel-sel otak bayi tumbuh sangat cepat mencapai lebih dari 80 persen. Makanya sangat penting untuk memenuhi gizi bayi pada usia ini. Jika kebutuhan gizi tidak terpenuhi tentunya akan berdampak pada perkembangan otak dan kecerdasan anak.  Selama masa dua tahun ini pula sifatnya permanen dan tidak dapat diperbaiki.

      Istilah golden periode ini mengacu pada standar yang meliputi Inisiasi menyusui Dini mulai satu jam setelah bayi lahir, ASI eksklusif selama enam bulan, dan bayi terus menyusu ASI sampai 24 bulan atau lebih.

    Makanan pendamping ASI yang baik menurut WHO adalah dengan mempertimbangkan gizi yang seimbang, terutama energy, protein, zat besi dan vitamin A. sehingga bayi mulai usia enam bulan sudah harus diberi nasi atau karbohidrat, lauk hewani, lauk nabati, buah dan sayur dengan tekstur lumat sesuai tahapan usia.

PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Kurangnya perhatian terhadap makanan pendamping ASI inintentu membawa dampak buruk bagi perkembangan anak. Biasanya yang terlihat secara fisik adalah kenaikan berat badan bayi yang lambat dan tinggi badan juga kurang maksimal. Anak bisa kurang gizi dan menolak makan karena tidak mengenal aneka ragam makanan sedari awal.

     Tetapi pemberian makanan pendamping sebelum usia anak enam bulan juga berbahaya dan dapat menimbulkan resiko. Bahkan bayi nantinya bisa lebih menyenangi makanan pengganti daripada ASI, asupan gizinya rendah, meningkatkan resiko penyakit. Intinya adalah pemberian makanan pendamping ASI baru boleh diberikan setelah anak berusia enam bulan.

Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar